Senin, 19 Agustus 2013

Belajar Sukses dari Kue

Tidak terasa lebaran sudah lewat hampir 2 minggu, tapi dirumah masih ada beberapa toples kue yang tersedia di meja ruang tamu. Dilihat dari jenisnya kue yang tersisa semua rasanya manis, padahal saya lebih suka kue yang rasanya gurih.

Kue yang ada di rumah saat ini adalah kue yang dibeli dari toko kue atau kue yang dibelikan oleh saudara. Di lebaran-lebaran sebelumnya ibu saya biasanya bikin beberapa kue sendiri, yaitu kue bawang atau cheesstick, tapi lebaran kali ini dia tidak membuat kue dikarenakan proses pembuatan kue yang melelahkan.

Terkait dengan tulisan diatas, Kue adalah hal yang sangat menarik untuk dibahas dan ternyata kue itu sendiri menyimpan banyak pelajaran bagi kita jika kita coba berpikir secara mendalam. Pada saat ini hampir semua orang menyukai yang namanya kue, dengan berbagai rasa dan aroma, dimana semua sangat suka sekali mencicipi dan memakannya. Akan tetapi satu hal yang harus menjadi catatan bahwa tidak semua orang menyukai proses pembuatan kuenya.

Kenapa hanya segelintir orang yang menyukai proses pembuatan kue, tidak sebanyak orang yang suka di dalam memakannya. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan kue sangat lama, sangat kompleks, dan butuh waktu yang lama di dalam belajar membuat kue. Dimana kita harus mempersiapkan resep kue terlebih dahulu, kemudian menyiapkan bahan-bahan yang ada di resep, kemudian memproses bahan-bahan tersebut, dan jadilah kue tersebut.

Setelah kue tersebut jadi apakah hasilnya otomatis enak dan lezat?, jawabannya adalah bisa ya bisa tidak, karena seseorang yang baru sekali membuat kue, maka itu adalah pengalaman pertamanya yang dimana dia sendiri baru kali itu membuat dan merasakan kue ciptaannya, yang biasanya ketika di awal membuat kue maka rasanya akan jauh dari harapan. Akan tetapi ketika dia sudah berpengalaman, berkali-kali membuat kue tersebut, maka hampir bisa dipastikan rasa kue yang dia buat lezat dan enak ketika dimakan.

Dari tulisan diatas, saya mendapat sebuah pelajaran bahwa Sukses itu bisa diibaratkan seperti kue. Dimana semua orang ingin merasakan yang namanya sukses, sebagaimana mereka ingin dan suka memakan kue. Tapi tidak semua orang yang ingin sukses itu mau menjalani lelahnya, capeknya proses melangkah menuju kesuksesan, sebagaimana tidak semua orang mau berlelah-lelah membuat kue dengan menjalani proses pembuatannya yang begitu kompleks. Jadi jika kita ingin sukses, jangan berharap sukses itu bisa di dapatkan dengan tidur dan bermalas-malasan tanpa adanya usaha.

Sebagaimana kue yang lezat, sukses itu sudah ada resepnya. Jadi jika kita ingin menjadi orang yang sukses, maka carilah, bacalah resep-resep kesuksesan yang telah dibuat dan telah dijalani oleh orang-orang yang telah sukses. Kemudian jalani dan ikuti selangkah demi selangkah resep sukses tersebut, dan jangan berharap anda bisa langsung bisa merasakan lezatnya kesuksesan, karena orang yang pertama kali membuat kue dari melihat resep harus melakukan percobaan berkali-kali untuk bisa mendapatkan hasil kue yang lezat. Jika kita telah berkali-kali gagal, maka belajarlah dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, dimana letak salahnya, kemudian perbaikilah setahap demi setahap, jangan mudah menyerah dan teruslah mencoba. Karena kesuksekan hanya bisa didapatkan oleh orang yang terus mencoba dan pantang menyerah. Sebagaimana kue enak dan lezat dengan harga yang mahal, yang dibuat melalui proses panjang, maka ketika kita bersabar dalam proses, pantang dalam menyerah, insya Allah kelak harga kesuksesan kita akan semahal bahkan lebih mahal dari proses kita di dalam menggapai kesuksesan tersebut.

Semoga bermanfaat

Salam sukses

-PangeranMenulis-


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger