Rabu, 09 Oktober 2013

Belajar dari Sistem Pernafasan dan Pencernaan

Dilihat dari judulnya sepertinya teman-teman pasti akan mengira tulisan kali ini akan membahas masalah biologi. Dan memang benar, saya memang akan membahas masalah biologi, tapi Cuma sedikit hanya garis besarnya saja. Karena saya sendiri bukan ahli biologi, dan tulisan ini hanya akan membahas apa yang saya ingat tentang system pernafasan dan pencernaan ketika saya sekolah di sekolah menengah umum, dan akan lebih banyak membahas sisi korelasinya terkait hikmah dari dua system tersebut.

Sebagaimana hal umum yang telah kita ketahui, system pernafasan di dalam tubuh kita diawali dengan menghirup oksigen, kemudian di proses di paru-paru dan kemudian tubuh mengeluarkan dari tubuh udara yang kotor yaitu karbon dioksida. Dan dalam system pencernaan pun tidak jauh berbeda, dimana proses ini diawali dengan masuknya makanan melewati mulut kita, kemudian di proses di lambung, dan kemudian di keluarkan dalam bentuk veces (kotoran).

Itulah proses singkat yang saya ketahui dari system pernafasan dan pencernaan. Dari 2 proses tersebut kita dalam mengambil 1 pelajaran penting yaitu masukan yang baik ke dalam diri kita dan buanglah yang buruk. Sebagaimana proses di atas ketika kita bernafas, maka yang kita masukkan ke dalam tubuh adalah oksigen, udara yang bersih, udara menjadikan kehidupan kita terus berlangsung hingga saat ini. Dan makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh juga bermanfaat di dalam memberikan energy bagi tubuh kita, sehingga tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Seperti itulah seharusnya kita di dalam berbuat dan berperilaku, kita harus senantiasa memasukkan berbagai hal-hal baik, berbagai pikiran positif ke dalam diri kita, sehingga dengan begitu hidup kita akan berjalan dengan lebih baik dan lebih teratur. Dan kita pun juga harus mencontoh system-sistem diatas yang terus memproses pembuangan berbagai hal yang kotor, dan beberapa hal kotor atau buruk yang harus kita buang adalah perbuatan-perbuatan buruk serta berbagai pikiran negatif yang ada di pikiran kita. Kenapa kotoran-kotoran tersebut harus kita buang?, karena kotoran tersebut jika tidak di buang akan menyebabkan penyakit bagi hati dan pikiran kita.

Jika tubuh dan jiwa kita telah terbiasa memasukkan berbagai hal-hal positif dan hal-hal negatif, insya Allah kesehatan dan keseimbangan hidup akan kita rasakan.
Sekian, Semoga Bermanfaat


-PangeranMenulis-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger