Sabtu, 19 Oktober 2013

Mencari Pekerjaan atau Penghasilan

Berbicara tentang pekerjaan secara otomatis hampir semua kepala akan berpikir tentang lowongan pekerjaan, bekerja kantoran atau jadi karyawan. Padahal jika dilihat dari kata dasarnya, kerja adalah mengerjakan suatu pekerjaan, dan pekerjaan adalah sesuatu yang di kerjakan. Contoh orang yang sedang menyapu rumah, maka pada saat itu pekerjaannya adalah menyapu rumah, contoh lain orang yang sedang memancing, maka saat itu pekerjaan orang tersebut adalah memancing. Termasuk orang yang berdagang pun pekerjaannya ya berdagang. Akan tetapi saat ini pekerjaan telah menyempit maknanya, atau maknanya dipersempit sebagai sebuah kata khusus yang diarahkan menjadi kata-kata yang saya sebutkan di awal.

Kembali tentang pekerjaan, banyak orang saat ini sedang berbondong-bondong untuk meramaikan berbagai job fair, atau juga mengirimkan berbagai lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan. Hal ini terjadi karena begitu banyaknya pengangguran yang semakin lama semakin bertambah, apalagi lulusan baru setiap tahun terus bertambah, di satu sisi pertumbuhan lowongan pekerjaan tidak bisa mengimbangi pertumbuhan lulusan tersebut dan akhirnya yang terjadi adalah banyaknya pengangguran di berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini bekerja pada suatu perusahaan bagi sebagian orang merupakan hal yang wajib. Mindset seperti ini hadir dikarenakan banyak sebab, baik disebabkan oleh ucapan orang tua, guru ataupun informasi yang di dapat di berbagai media. Karena menurut mereka dengan bekerja pada perusahaan atau boleh dalam hal lain jadi PNS hidup akan lebih terjamin, gaji akan terus di dapat setiap bulan, asuransi kesehatan di dapat dan dana pensiun juga kelak akan diterima. Bagi mereka jika mereka tidak mendapatkan pekerjaan alias menganggur, maka hidupnya seakan hina tak berguna, bingung dan murung memikirkan dari mana bisa mendapatkan uang. Mindset seperti inilah yang menyebabkan menumpuknya para pengangguran di Jakarta atau boleh jadi di seluruh Indonesia, karena bagi mereka pekerjaan = penghasilan, tidak bekerja (tidak jadi karyawan) = tidak mendapat penghasilan.

Padahal jika dipikirkan lebih dalam, mindset yang benar adalah ketika kita bekerja maka kita akan mendapatkan penghasilan, akan tetapi penghasilan tidak selamanya di dapatkan dari bekerja sebagai karyawan melainkan penghasilan bisa kita dapatkan dari berbagai macam hal baik itu berbisnis/berdagang, memulung, atau memberi bantuan jasa. Inilah hal penting yang harusnya dicatat oleh para pencari kerja atau para pengangguran khususnya. Bahwa yang saat ini dicari pekerjaan atau penghasilan. Jika yang dicari pekerjaan maka berbagai syarat harus kita penuhi bahkan kita harus melalui berbagai proses ujian untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Sebaliknya jika yang dicari adalah penghasilan, maka banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan, bahkan tanpa syarat yang berat, kadang hanya dibutuhkan kemauan dan semangat yang kuat untuk melakukannya, dengan begitu kita bisa menghasilkan uang. Sebagai contoh menjadi pemulung gelas air mineral, dalam hal ini kita hanya perlu gigih mencari gelas air mineral bekas, untuk dikumpulkan kemudian dihitung berapa berat kita dapatkan, semakin banyak kita mengumpulkannya, maka akan semakin besar uang yang kita dapatkan.

Itu contoh yang termudah, contoh lain yang membutuhkan sedikit modal, misal jualan aqua, tissue, plastic, dll. Atau jualan produk lain yang modalnya lebih besar lagi. Inilah gambaran sedikit tentang mencari penghasilan. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, seperti apakah pola pikir kita saat ini, mencari pekerjaankah atau mencari penghasilan, jika hanya mencari pekerjaan maka jelas penghasilan tidak akan pernah di dapatkan karena penghasilan baru bisa di dapatkan ketika mendapat pekerjaan. Akan tetapi jika yang dicari adalah penghasilan maka peluang di bumi ini begitu luas, kita bisa mendapatkan penghasilan bukan hanya dari tempat bekerja, melainkan melalui berbagai usaha yang kita lakukan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Jadi silahkan dipikirkan lagi, jangan sampai kita salah memilih. Jangan sampai maindset yang salah terus berkutat dipikiran. Karena pilihan kita pada saat ini akan menentukan seperti apa kita di masa depan.

Sekian, Semoga Bermanfaat


-PangeranMenulis-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger