Minggu, 13 Oktober 2013

Tulislah rutin walaupun sedikit & Konsistenlah

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.  Pepatah ini memang benar adanya. Segala sesuatu yang sedikit jika dikumpulkan dalam waktu yang berkesinambungan akan menjadi banyak. Seperti itu juga dalam hal menulis. Ketika kita memulai menjadikan menulis sebagai kegiatan harian kita, maka seperti yang kita pernah rasakan ketika pertama kali membuat sebuah tulisan, dimana tulisan tersebut kita kita kerjakan dengan memutar otak, menguras pikiran dan hasilnya hanya beberapa paragraf. Selanjutnya sedikit demi sedikit seiring dengan konsistensi dan pengalaman kita, tulisan kita semakin panjang dan semakin banyak jumlahnya.

Di dalam menulis memang tidak semuanya dimulai dari yang sedikit, ada juga yang langsung memulainya dengan begitu banyak paragraf di dalam tulisan yang pertama dibuat, dan ini sah-sah saja. Akan tetapi yang menjadi catatan penting bagi kita di dalam awal-awal menulis, yang dibutuhkan bukanlah panjangnya sebuah tulisan melainkan seberapa besar konsistensi penulis pemula di dalam menulis. Karena tidaklah begitu besar efeknya jika kita menulis tulisan yang panjang akan tetapi frekuensinya hanya seminggu atau sebulan sekali. Akan tetapi ketika kita menulis sebuah tulisan walaupun pendek dan rutin tiap hari maka ini yang akan memberikan efek besar bagi kita, efek yang akan membuat pikiran lebih mudah di dalam mengeksplorasi sebuah ide serta tema dan tangan kita akan lebih ringan ketika diminta untuk menulis atau mengetik.

Proses menulis rutin ini memang terlihat mudah, akan tetapi agak sulit juga ketika dijalankan, terlebih ketika baru memulainya. Dan banyak juga orang-orang yang tumbang dalam proses ini dikarenakan kurang kuatnya niat mereka untuk menjadi penulis sukses. Mereka menyerah juga dikarenakan sulitnya mendapatkan ide untuk menulis di hari itu, sehingga akhirnya dia melewatkan hari itu tanpa tulisan, selanjutnya berulang dan berulang hingga akhirnya kegiatan menulis pun terhenti.

Inilah satu hal penting di dalam dunia penulisan, khususnya bagi penulis pemula. Yaitu sebuah konsistensi. Tulisan yang bagus dan berkualitas dibangun dari besarnya konsistensi seseorang di dalam menulis. Sebagaimana kokoh dan besarnya tembok cina yang tidak dibangun dalam 1 hari, melainkan berhari-hari, berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Menulis pun seperti itu. Semakin kita konsisten di dalam menjalani proses kesehariannya, hingga berjalan bulan dan bertemu tahun, maka sudah sejatinya kualitas menulis kita akan semakin meningkat dan semakin “kokoh”.

Jadi marilah kita mulai bangun konsistensi menulis di diri kita. 1 hari 1 tulisan. Apapun itu. Kelak seiring berjalannya waktu kita akan menemukan sendiri gaya tulisan kita dan bahasan apa yang kelak akan kita tulis. Bagi teman-teman yang membaca tulisan ini, marilah di mulai dari sekarang menulis rutin dan konsistensilah. Karena segala hal yang kita kerjakan berulang-ulang dalam waktu yang lama akan menjadikan kita ahli di dalam pekerjaan tersebut. Ketika kita menulis berulang-ulang kali bertahun-tahun lamanya, maka kita pun akan menjadi ahli di dalamnya. Dan jelaslah jika sudah seperti ini, maka bukanlah hal yang sulit bagi kita untuk menghasilkan sebuah buku. So. Mari menulis rutin.

Sekian, Semoga Bermanfaat


-PangeranMenulis-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger