Selasa, 08 Oktober 2013

Carilah “Sapi Ungu” di dalam Dirimu

Bisakah kita membayangkan ketika ada gerombolan sapi yang berwarna putih sedang berjalan menelusuri tanah persawahan kemudian ada salah satu sapi yang berwarna ungu. Maka secara otomatis mata kita akan tertuju pada sapi yang berwarna ungu tersebut, dikarenakan sapi ungu tersebut tampak berbeda dari sapi lainnya yang berwarna putih. Dialah sapi yang menonjol dibandingkan dengan sapi-sapi yang lain.

Sebelum membahas si sapi, maka mari kita bersabar untuk sedikit membahas seperti apa diri kita. kita sadar tanpa ragu lagi bahwa kita adalah manusia, makhluk yang tercipta dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Makhluk yang tercipta bukan dengan membawa kesia-siaan, melainkan membawa banyak manfaat bagi makhluk lainnya. Teman-teman pembaca, kita sering alami Ketika kita membicarakan kekurangan yang ada pada diri kita, maka akan dengan mudah kita menyebutkan kekurangan-kekurangan kita. Akan tetapi sebaliknya ketika kita ditanya tentang kelebihan kita, maka kita akan terdiam membisu. Kemudian bertanya kepada diri sendiri, apa sih kelebihan yang gue miliki. Lantas kemudian berada pada tingkat kebingungan yang tinggi dalam waktu yang cukup lama.

Inilah suatu problem yang banyak dialami oleh kita. yaitu mengenai kelebihan apakah yang ada pada diri kita. Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, maka saya akan coba menjawabnya melalui cerita saya diatas tentang si sapi ungu.

Disadari atau tidak, tiap kita memiliki kelebihan, tapi dalam bahasan kali ini kata kelebihan akan saya ganti dengan sebutan sapi ungu. Tiap kita tentunya memiliki banyak kemampuan dalam berbagai hal, akan tetapi kemampuan tersebut hanya sebatas bisa, dimana kebanyakan kita bisa melakukannya, jika keadaannya seperti ini maka kemampuan ini bukanlah suatu kelebihan melainkan suatu kemampuan biasa atau pada tulisan ini kita sebut dengan sapi putih. Ya sapi putih yang tadi banyak bergerombol.

Nah sekarang sadar ataupun tidak, tiap-tiap kita juga sebenarnya memiliki satu atau mungkin lebih sapi ungu di dalam diri kita. Akan tetapi tidak semua orang diantara kita mampu menemukan si sapi ungu yg ada di dalam diri kita, boleh jadi sapi ungunya masih kecil, atau sapi ungunya sedang tidur diantara gerombolan sapi putih yang sedang berdiri.

Jika sudah seperti ini, maka kita sang pemilik sapi ungu di diri kita masing-masing harus bersegera dan harus sensitive di dalam mencari sapi ungu tersebut. Ketika kita ingin mencari sesuatu, maka akan ada cara yang biasanya digunakan untuk mencari hal tersebut, dan terkait dengan mencari si sapi ungu, maka ada Beberapa cara yang saya ketahui di dalam mencari sapi ungu tersebut.

Caranya yaitu, yang pertama lihatlah diri kita dalam-dalam, apakah kemampuan diri yang paling menonjol yang kita rasakan dibandingkan dengan kemampuan lainnya, jika kemampuan tersebut terlihat bagai sapi ungu diantara kerumunan sapi putih, maka itulah kelebihan kita dan sudah seharusnyalah kita meningkatkan kualitas sapi ungu tersebut baik itu dengan “memberi makan makanan yang bergizi kah” atau “memberikannya nutrisi yang bisa menjadikannya tumbuh besar”. Cara yang kedua, jika memang tidak sama sekali terlihat sapi ungu diantara kerumunan sapi putih, maka carilah dengan teliti, boleh jadi si sapi ungu masih bayi atau masih sangat kecil sehingga warna ungunya belum begitu jelas, dan cara ini bisa dilakukan dengan melihat kemampuan apa yang kita punya minat atau passion di dalamnya ketika kita melakukannya, jika sudah ditemukan, maka tingkatkanlah kualitas kemampuan tersebut, sehingga menjadi lebih menonjol dibandingkan kemampuan lain bagaikan menonjolnya si sapi ungu diantara kerumunan sapi putih. Jika sudah seperti ini maka insya Allah kita tidak lagi menjadi orang-orang yang bingung di dalam mencari sapi ungu yang kita miliki. Ketika sapi ungu sudah kita temukan, maka akan dengan mudah kita menjalani kehidupan kita, kita akan mudah di dalam menentukan misi dan langkah-langkah di dalam kehidupan kita.

Baiklah, itulah sedikit sharing dari saya terkait sapi ungu di dalam diri kita. Semoga cara ini bermanfaat bagi para pembaca. Dan pembaca bisa dengan segera menemukan si sapi ungu di dalam kerumunan sapi putih yang saat ini berjalan-jalan di diri. ^_^

Semoga Bermanfaat


-PangeranMenulis-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger