Kreatif, adalah sebuah kata yang
memiliki banyak arti, tapi bagi saya kreatif adalah berbeda dari yang lain
dalam ide, proses dan hasil. Kreatifitas juga merupakan hasil dari sebuah
pemikiran yang out of the box, berpikir
diluar umumnya orang.
Sebagai contoh kreatiftas yang
berada di sekitar kita adalah seseorang yang berjualan mie ayam hijau, ketika
pedagang lain hanya berjualan mie yang biasa, tapi dia berjualan mie diluar
kebiasaan yang ada, makanya mie ayam hijau begitu laku dipasaran ketika
awal-awal kemunculannya. Masih banyak contoh-contoh kreatifitas lain yang sudah banyak kita
ketahui, dan maaf, saya tidak bisa jelaskan dalam tulisan ini.
Sebuah tingkat kreatifitas akan
menentukan tingkat nilai dari hasil kreatifitas itu sendiri, juga ditentukan
oleh seberapa langka hasil dari kreatifitas tersebut. Kita bisa melihat
bagaimana harga sebuah lukisan yang hanya dibuat 1 buah, kemudian telah dibuat
ratusan tahun yang lama, maka harganya bisa melambung tinggi hingga milyaran
rupiah. Itulah kreatifitas, harganya mahal. Tapi harga kreatifitas juga bisa
rendah ketika nilai kreatifitas tersebut ditiru atau dipalsukan.
Sebuah hal yang menarik, yang
ingin saya ceritakan disini adalah betapa dalam dunia modern ini sebuah
kreatifitas yang hanya sekedar ide kemudian diaplikasikan di dalam bentuk Logo
sebuah perusahaan bisa memiliki nilai harga yang jauh dari ekspektasi kita. Dan
mungkin sebagian besar kita belum mengetahui bahwa logo pertamina yang saat ini
dijadikan sebagai lambang pertamina memiliki nilai beli seharga Rp.
3.000.000.000. Ya betul tiga milyar.
Bisa kita bayangkan, logo sebuah
perusahaan, yang hanya berukuran 5 cm x 5 cm dengan paduan warna biru, merah
dan hijau memiliki nilai harga sebesar Rp. 3.000.000.000 . Sebuah harga yang jauh
dari perkiraan kita, harga yang bahkan melebihi mobil mewah.
Inilah sebuah kenyataan bahwa
betapa kreatifitas adalah hal yang unik. Yang nilainya tidak bisa ditebak. Bahkan
nilainya cenderung mahal. Jadi mulai saat ini, kita harus belajar, berpikir dan
bergerak untuk menghasilkan sebanyak mungkin kreatifitas. Karena boleh jadi, di
masa yang akan datang salah satu dari hasil kreatifitas kita memiliki harga
yang jauh lebih tinggi dari perkiraan kita.
Semoga bermanfaat
-PangeranMenulis-
Dahsyat, tulisan yang kreatif.
BalasHapusMari kita asah kreatifitas kita dengan saling memberi support dan melakukan collaboratiON.
#Now4Tomorrow
Salam Menulis
Salam Sukses Mulia.