Selasa, 17 September 2013

Judul

Sebuah tulisan lebih mudah dibuat atau lebih mengalir untuk ditulis ketika kita sudah menentukan sebuah judul. Karena ketika judul sudah ditentukan maka secara langsung pikiran kita akan focus pada judul tersebut, dan secara otomatis akan mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan judul yang sudah kita tentukan.

Dan kita sebagai penulis pasti mengakui bahwa menulis tanpa adanya judul atau tema yang ingin dibahas seperti melakukan sebuah pekerjaan yang sama sekali tidak ada tujuan di dalam melakukannya. Misalkan saya mengalami sakit pada lambung, kemudian saya pergi ke dokter untuk memeriksakan penyakit saya, sesampainya di rumah sakit, saya langsung menemui dokter dan mengatakan bahwa saya sedang sakit, kemudian ketika dokter bertanya sakit apa, saya diam saja. Ketika saya berbuat seperti ini maka sang dokter pasti bingung, apa yang harus dilakukannya dan dia harus memulai memeriksa darimana, bahkan yang ada saya malah diusir karena telah mengganggu jam kerjanya, hehehe. Tapi ketika saya langsung mengatakan bahwa saya mengalami sakit di lambung saya, maka dengan segera dokter akan memeriksa keadaan lambung saya, dan dengan cekatan akan memberikan saran-saran terkait penyakit yang saya alami dan memberikan obat yang sesuai dengan penyakit lambung yang saya alami.

Seperti itulah pentingnya sebuah judul dalam menulis, karena dengan adanya judul, kita akan dengan mudah mengarahkan kemana kita jalan pikiran kita, dan secara otomatis otak kita akan memberikan perintah kepada tangan untuk mengetikkan semua yang telah tergambar di pikiran, yang tanpa sadar tulisan sudah berjalan, dari mulai satu kata hingga menjadi rangkaian kalimat, dan tiap kalimat membentuk paragraf, dan barisan paragraf menjadi sebuah tulisan yang siap untuk dibaca.

Kesimpulannya, sebuah tulisan diawali dari sebuah judul atau tema yang telah ditentukan, maka sebelum kita mulai menulis, sebaiknya kita telah menentukan judul atau tema yang ingin dibahas, setidaknya beberapa jam sebelum menulis. Kenapa begitu?, agar pada selisih waktu antara judul yang telah ditentukan dengan waktu menulis, di sela-sela waktunya bisa kita manfaatkannya untuk memproses hal-hal apa sajakah yang nantinya akan kita tulis. Selain itu hal ini juga berguna agar kita tidak membuang waktu di dalam kebingungan, kebingungan dalam menuliskan apa yang akan ditulis. Karena judul atau tema yang mendadak membuat otak kita berpikir keras, dan jauh dari rileks, sehingga hasil dari tulisan kita jelas kurang maksimal, bahkan jauh dari teratur. Jadi tentukanlah judul tulisanmu dan pikirkanlah. Kelak pada waktu menulis tanganmu akan menuliskan berbagai gambaran di otakmu dengan mudah. Selamat menulis.

Semoga Bermanfaat

-PangeranMenulis-



0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger