Minggu, 01 September 2013

Perempuan berumur 16 tahun Menguasai 9 bahasa asing tanpa guru

Beberapa bulan yang lalu saya menonton kick andy. Pada saat itu tamu yang diundang sebagai narasumber adalah perempuan yang berumur 16 tahun yang memiliki prestasi yang luar biasa. Prestasinya terbilang mencengangkan banyak orang khususnya saya, dimana prestasi dia adalah dia mampu menguasai 11 bahasa asing selain Indonesia, 9 diantaranya dia kuasai secara aktif baik lisan, tulisan atau pun percakapan. 9 bahasa yang dikuasainya adalah bahasa inggris, prancis, italia, jepang, spanyol, Nepal, jerman, cina,  dan arab.

Hal yang membuat dirinya lebih luar biasa lagi adalah, semua bahasa dia pelajari tanpa guru, alias otodidak, melalui buku-buku dan melalui jaringan internet yang mana dia langsung berinteraksi dengan orang yang menguasai bahasa tersebut. Ketika semua orang bilang tidak mungkin, maka dia bilang dia bisa melakukannya, dan terlihatlah hasil yang di dapatkannya sesuai dengan usaha keras yang telah dilakukannya.

Saya pribadi sangat terpukau atas apa yang telah dilakukannya, betapa dia mampu melakukannya tanpa guru. Sedangkan saya pribadi yang belajar bahasa arab berbulan-bulan masih terbata-bata, dan saya pun menyadari kemampuan yang dimilikinya bukan timbul secara tiba-tiba atau bahkan ada karena bantuan ilmu hitam, tapi apa yang di dapatkannya saat ini adalah dikarenakan usaha kerasnya, kesungguhannya dan kepantang menyerahannya. Berbeda dengan saya yang hanya belajar, tapi tidak belajar dengan maksimal.

Pada suatu waktu saya mencoba bertanya kepada seseorang apakah dia bisa melakukan apa yang dilakukan oleh perempuan tersebut, dan jawabannya adalah tidak mungkin, otak yang saya miliki tidak secerdas dia, tidak sehebat dia. Dan ini jawaban umum yang saya dapatkan, dan jika dulu hal ini ditanyakan kepada saya, mungkin saya akan menjawab hal yang sama. Akan tetapi saat ini saya mulai menyadari bahwa semua manusia diciptakan memiliki otak yang sama dan kemampuan yang sama, yang membedakan manusia yang satu dengan manusia lainnya adalah seberapa maksimal dia menggunakan kemampuan otak yang dimilikinya, dan seberapa besar dia berusaha menguasai keahlian tersebut.

Pesan terakhir dari saya, untuk saya pribadi dan pembaca, tidak ada yang tidak mungkin, ketika orang lain bisa melakukannya maka kita pun bisa melakukannya. Ketika kita bilang tidak bisa, hanya 2 jawabannya, yang pertama kita tidak bisa dikarenakan kita tidak mau/malas berusaha untuk melakukannya/mendapatkannya, yang kedua kita tidak bisa dikarenakan kita tidak mengetahui bagaimana caranya untuk bisa melakukan/mendapatkan hal tersebut.

Semoga bermanfaat


-PangeranMenulis- 

2 komentar:

  1. Tinggal belajar aja sesuai mesin kecerdasan kita.. Hehehehe.. Udah coba tes Stifin ??

    BalasHapus
  2. belom tes stifin bu, tapi saya sedang ada project merubah nasib dengan merubah garis tangan, dengan cara yang ilmiah, bukan mistis.. ^_^

    BalasHapus

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger