Minggu, 15 September 2013

Mahalnya harga kreatifitas

Kreatif, adalah sebuah kata yang memiliki banyak arti, tapi bagi saya kreatif adalah berbeda dari yang lain dalam ide, proses dan hasil. Kreatifitas juga merupakan hasil dari sebuah pemikiran yang out of the box,  berpikir diluar umumnya orang.

Sebagai contoh kreatiftas yang berada di sekitar kita adalah seseorang yang berjualan mie ayam hijau, ketika pedagang lain hanya berjualan mie yang biasa, tapi dia berjualan mie diluar kebiasaan yang ada, makanya mie ayam hijau begitu laku dipasaran ketika awal-awal kemunculannya. Masih banyak contoh-contoh  kreatifitas lain yang sudah banyak kita ketahui, dan maaf, saya tidak bisa jelaskan dalam tulisan ini.

Sebuah tingkat kreatifitas akan menentukan tingkat nilai dari hasil kreatifitas itu sendiri, juga ditentukan oleh seberapa langka hasil dari kreatifitas tersebut. Kita bisa melihat bagaimana harga sebuah lukisan yang hanya dibuat 1 buah, kemudian telah dibuat ratusan tahun yang lama, maka harganya bisa melambung tinggi hingga milyaran rupiah. Itulah kreatifitas, harganya mahal. Tapi harga kreatifitas juga bisa rendah ketika nilai kreatifitas tersebut ditiru atau dipalsukan.

Sebuah hal yang menarik, yang ingin saya ceritakan disini adalah betapa dalam dunia modern ini sebuah kreatifitas yang hanya sekedar ide kemudian diaplikasikan di dalam bentuk Logo sebuah perusahaan bisa memiliki nilai harga yang jauh dari ekspektasi kita. Dan mungkin sebagian besar kita belum mengetahui bahwa logo pertamina yang saat ini dijadikan sebagai lambang pertamina memiliki nilai beli seharga Rp. 3.000.000.000. Ya betul tiga milyar.

Bisa kita bayangkan, logo sebuah perusahaan, yang hanya berukuran 5 cm x 5 cm dengan paduan warna biru, merah dan hijau memiliki nilai harga sebesar Rp. 3.000.000.000 . Sebuah harga yang jauh dari perkiraan kita, harga yang bahkan melebihi mobil mewah.

Inilah sebuah kenyataan bahwa betapa kreatifitas adalah hal yang unik. Yang nilainya tidak bisa ditebak. Bahkan nilainya cenderung mahal. Jadi mulai saat ini, kita harus belajar, berpikir dan bergerak untuk menghasilkan sebanyak mungkin kreatifitas. Karena boleh jadi, di masa yang akan datang salah satu dari hasil kreatifitas kita memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari perkiraan kita.

Semoga bermanfaat


-PangeranMenulis-

1 komentar:

  1. Dahsyat, tulisan yang kreatif.
    Mari kita asah kreatifitas kita dengan saling memberi support dan melakukan collaboratiON.

    #Now4Tomorrow
    Salam Menulis
    Salam Sukses Mulia.

    BalasHapus

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger